Hari Pertama Fullstak Web Developer Rumah Coding
Hari Pertama Fullstak Web Developer Rumah Coding

Hari Pertama Fullstak Web Developer Rumah Coding

Ketika saya ditanya apa motivasi ikut Fullstack Developer di Rumah Coding, saya hanya menjawab singkat, “Belajar”.

Sampai mana batasnya ilmu? Mungkin kita semua akan kompak menjawab “sampai liang lahat”. Namun dalam praktiknya, banyak orang yang berhenti belajar dan menutup pintu hati untuk belajar lagi. Yang lebih parah, sudah merasa paling mastah atau paling master.

Saya tidak mau seperti itu. Dalam dunia IT yang terus berkembang, memperdalamnya setiap waktu adalah cara untuk bertahan. Ilmu IT yang tidak dikembangkan hanya akan membuat kita tersungkur ketinggalan zaman.

Para penggelut IT berlomba-lomba mengembangkan projeknya agar semakin memudahkan manusia. Maka munculnya framework, aplikasi, software dan lain-lainnya. Oleh karena itu saya memaksa diri terus belajar lagi dari nol.

Ketika saya ditanya apa motivasi ikut Fullstack Developer di Rumah Coding, saya hanya menjawab singkat, “Belajar”.

Bagi saya belajar tidak mengenal waktu dan tempat. Kapan saja dan di mana saja ilmu berada, belajarlah. Siapapun orang yang mempunyai ilmu, hormatilah dan timbalah ilmu kepadanya. Sehingga kita tidak akan merasa lebih hebat dari siapapun.

Alhamdulillah saya dipertemukan dengan Rumah Coding, tempat belajar pemrograman yang baru buat saya. Di sana, saya diperkenalkan dengan sejumlah personal, tim, portofolio, dan tugas pertama.
Kami pun berkenalan dengan beberapa teman baru yang ikut Fullstack ini. Kami memperkenalkan diri, asal, kondisi pribadi, kondisi sekolah, sampai sudah punya istri berapa hehe. Saya lihat motivasi teman-teman sangat luar biasa. Bahkan, ada teman yang jauh-jauh datang dari Bandung ke Depok hanya untuk belajar di Rumah Coding. Luar biasa.

Materi yang nantinya diajarkan pun sangat lengkap dan beragam. Misalnya:

#Bagian Front-End

  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript
  4. Jquery
  5. Node Package Manajer
  6. Introduction to Git
  7. SASS
  8. Bootstrap
  9. BEM
  10. Build Tools (NPM Scripts, Eslint dan Wepack)
  11. React JS


#Bagian Back-End

  1. PHP
  2. Composer
  3. MYSQL
  4. Laravel
  5. Basic Linux Server Administration
  6. Redis
  7. JWT
  8. Docker
  9. Nginx


#Bagian Database

  1. Mysql
  2. PhpMyadmin
  3. Mysql Console



Menarik, bukan? Meski sebagian kecil dari materi ada yang sudah saya pahami namun tidak mengurangi semangat saya untuk mengosongkan gelas. Maksudnya saya akan berupaya mengikuti pelajaran sampai pada titik saya merasa belum apa-apa.
Jadi, bagaimana denganmu? Apakah ada action untuk terus belajar?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Wildan Fuady adalah seorang author 20 buku, teacher dan web developer.